PROMPT AI MODUL AJAR BERDIFERENSIASI
Monday, September 4, 2023
Artificial Intelligence,
Pendidikan Kesetaraan,
Pendidikan SD,
Praktik Baik Guru
AI SITERU (AI SAHABAT INFORMASI & TEKNOLOGI BAGI GURU)
"MEMBUAT MODUL AJAR BERDIFERENSIASI"
APA
ITU PROMPT?
Dalam konteks kecerdasan buatan
(Artificial Intelligence/AI), prompt merujuk pada teks atau instruksi yang
diberikan kepada model bahasa atau sistem pemrosesan bahasa alami untuk
menghasilkan respon atau output yang diinginkan. Prompt ini berfungsi sebagai
input atau petunjuk untuk memicu pemahaman dan generasi bahasa oleh sistem AI.
dll...
PROMPT PEMBUATAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI (KESIAPAN BELAJAR MURID)
- Kamu adalah guru expert kelas 4 SD yang akan membuat rencana pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Matematika.
- Pembelajaran berdifierensiasi merupakan usaha menyesuaikan proses pembelajaran dengan memberikan beragam cara melalui diferensiasi konten, proses, produk serta lingkungan belajar dan asesmen awal untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
- dengan identitas awal : Nama :Eko Subiantoro, S.Pd. Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, Nama Sekolah: SDN 1 Sumberbaru, Fase/Kelas/Semester: B/4/Ganjil, Waktu: 3 JP (3X35 menit), Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Bernalar kritis dan gotong royong.
- LALU LANGSUNG buatlah rencana pembelajaran berdiferensiasi dengan diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan. dengan Tujuan Pembelajaran 1.8. Menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal.
- sertakan media pembelajaran yang sesuai dan poin informasi tentang manfaat yang akan diperoleh setelah mengikuti proses pembelajaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, tujuan pembelajaran tersebut sesuai dengan karakter profil pelajar Pancasila.
- buatlah asesmen awal pembelajaran beserta soal sebanyak 3 soal, sertakan pula pertanyaan pemantik dari pembelajaran tersebut secara relevan dan kontekstual sesuai jenjang murid.
- buatlah pemahaman bermakna dari sebuah pemahaman sepanjang hayat (enduring understanding) untuk tujuan pembelajaran tersebut. Enduring understandings adalah pernyataan- pernyataan yang merangkum ide-ide atau proses-proses sentral dalam sebuah subjek secara kontekstual berdasarkan kehidupan murid sehari-hari.
- buatlah model pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut secara relevan dan kontektual sesuai usia murid.
- buatlah dengan indikator/Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) penilaiannya sesuai dengan tujuan pembelajaran di atas secara relevan dan kontekstual.
- buatlah kegiatan awal pembelajaran : guru mengucapkan salam, guru menanyakan kabar murid, guru mengajak para murid berdoa bersama-sama, guru mengajak murid menyanyikan lagu wajib nasional, guru memberikan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya, dan guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
- dengan kondisi awal murid kognitif: 3 Murid Rendah : kemampuan numerasi di bawah, tidak memahami konsep pecahan desimal. 10 Murid sedang : kemampuan numerasi standard, tidak memahami konsep pecahan desimal. 5 Murid Tinggi : kemampuan numerasi tinggi dan memahami tentang konsep pecahan desimal.
- Asesmen Non Kognitif Minat murid : memasak, bermain sepak bola, dan bermain layang-layang.
- Mayoritas para murid tinggal di pedesaan dan bekerja sebagai petani, buruh.
- buatlah asesmen formatif : Guru mengobservasi partisipasi dan pemahaman setiap kelompok/individu, guru memberikan umpan balik langsung kepada setiap individu/kelompok, guru menilai kerja individu/kelompok berdasarkan rubrik yang telah disediakan.
- buatlah asesmen sumatif : Jenis asesmen yang saya inginkan adalah asesmen [AUTENTIK / NON-AUTENTIK] dan dikerjakan secara [INDIVIDUAL / BERKELOMPOK]. Bentuk-bentuk asesmen sumatif, seperti pembuatan produk, pengerjaan proyek, membuat pameran, membuat presentasi, dan masih banyak lagi.
- dengan kegiatan akhir pembelajaran : murid dengan bimbingan Guru menyimpulkan poin-poin penting dalam proses pembelajaran hari ini, murid menyampaikan refleksi proses dan materi pelajaran: kesulitan yang mereka hadapi, hal yang disukai, dan hal yang perlu diperbaiki, guru memberi apresiasi kepada murid yang bekerja sama dengan baik dalam kelompok, guru menginformasikan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya, dan terakhir ditutup dengan doa.
- Buatlah rubrik penilaian untuk mengetahui kemampuan murid dalam menguasai materi sesuai indikator di atas.
- gunakan tahapan skala pada rubrik ialah MB=mulai berkembang, SB=sedang berkembang, BSH=berkembang sesuai harapan, SAB=sangat berkembang
- buatlah jadi tabel!
PROMPT PEMBUATAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI (MINAT/HOBI BELAJAR MURID)
- Kamu adalah guru expert kelas 4 SD yang akan membuat rencana pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Matematika.
- Pembelajaran berdifierensiasi merupakan usaha menyesuaikan proses pembelajaran dengan memberikan beragam cara melalui diferensiasi konten, proses, produk serta lingkungan belajar dan asesmen awal untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
- dengan identitas awal : Nama :Eko Subiantoro, S.Pd. Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, Nama Sekolah: SDN 1 Sumberbaru, Fase/Kelas/Semester: B/4/Ganjil, Waktu: 3 JP (3X35 menit), Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Bernalar kritis dan gotong royong.
- LALU LANGSUNG buatlah rencana pembelajaran berdiferensiasi dengan diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan. dengan Tujuan Pembelajaran 1.8. Menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal.
- sertakan media pembelajaran yang sesuai dan poin informasi tentang manfaat yang akan diperoleh setelah mengikuti proses pembelajaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, tujuan pembelajaran tersebut sesuai dengan karakter profil pelajar Pancasila.
- buatlah asesmen awal pembelajaran beserta soal sebanyak 3 soal, sertakan pula pertanyaan pemantik dari pembelajaran tersebut secara relevan dan kontekstual sesuai jenjang murid.
- buatlah pemahaman bermakna dari sebuah pemahaman sepanjang hayat (enduring understanding) untuk tujuan pembelajaran tersebut. Enduring understandings adalah pernyataan- pernyataan yang merangkum ide-ide atau proses-proses sentral dalam sebuah subjek secara kontekstual berdasarkan kehidupan murid sehari-hari.
- buatlah model pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut secara relevan dan kontektual sesuai usia murid.
- buatlah dengan indikator/Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) penilaiannya sesuai dengan tujuan pembelajaran di atas secara relevan dan kontekstual.
- dengan kondisi awal 5 murid menyukai hobi sepak bola, 7 murid menyukai hobi bermain layang-layang, dan 12 murid menyukai hobi memasak.
- Mayoritas para murid tinggal di pedesaan dan bekerja sebagai petani, buruh.
- buatlah kegiatan awal pembelajaran : guru mengucapkan salam, guru menanyakan kabar murid, guru mengajak para murid berdoa bersama-sama, guru mengajak murid menyanyikan lagu wajib nasional, guru memberikan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya, dan guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
- buatlah asesmen formatif : Guru mengobservasi partisipasi dan pemahaman setiap kelompok/individu, guru memberikan umpan balik langsung kepada setiap individu/kelompok, guru menilai kerja individu/kelompok berdasarkan rubrik yang telah disediakan.
- buatlah asesmen sumatif : Jenis asesmen yang saya inginkan adalah asesmen [AUTENTIK / NON-AUTENTIK] dan dikerjakan secara [INDIVIDUAL / BERKELOMPOK]. Bentuk-bentuk asesmen sumatif, seperti pembuatan produk, pengerjaan proyek, membuat pameran, membuat presentasi, dan masih banyak lagi.
- dengan kegiatan akhir pembelajaran : murid dengan bimbingan Guru menyimpulkan poin-poin penting dalam proses pembelajaran hari ini, murid menyampaikan refleksi proses dan materi pelajaran: kesulitan yang mereka hadapi, hal yang disukai, dan hal yang perlu diperbaiki, guru memberi apresiasi kepada murid yang bekerja sama dengan baik dalam kelompok, guru menginformasikan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya, dan terakhir ditutup dengan doa.
- Buatlah rubrik penilaian untuk mengetahui kemampuan murid dalam menguasai materi sesuai indikator di atas.
- gunakan tahapan skala pada rubrik ialah MB=mulai berkembang, SB=sedang berkembang, BSH=berkembang sesuai harapan, SAB=sangat berkembang
- buatlah jadi tabel!
PROMPT PEMBUATAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI (GAYA BELAJAR MURID)
- Kamu adalah guru expert kelas 4 SD yang akan membuat rencana pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Bahasa Indonesia.
- Pembelajaran berdifierensiasi merupakan usaha menyesuaikan proses pembelajaran dengan memberikan beragam cara melalui diferensiasi konten, proses, produk serta lingkungan belajar dan asesmen awal untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
- dengan identitas awal : Nama :Eko Subiantoro, S.Pd. Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, Nama Sekolah: SDN 1 Sumberbaru, Fase/Kelas/Semester: B/4/Ganjil, Waktu: 3 JP (3X35 menit), Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Bernalar kritis dan gotong royong.
- LALU LANGSUNG buatlah rencana pembelajaran berdiferensiasi dengan diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan. dengan Tujuan Pembelajaran 1.8. Menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal.
- sertakan media pembelajaran yang sesuai dan poin informasi tentang manfaat yang akan diperoleh setelah mengikuti proses pembelajaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, tujuan pembelajaran tersebut sesuai dengan karakter profil pelajar Pancasila.
- buatlah asesmen awal pembelajaran beserta soal sebanyak 3 soal, sertakan pula pertanyaan pemantik dari pembelajaran tersebut secara relevan dan kontekstual sesuai jenjang murid.
- buatlah pemahaman bermakna dari sebuah pemahaman sepanjang hayat (enduring understanding) untuk tujuan pembelajaran tersebut. Enduring understandings adalah pernyataan- pernyataan yang merangkum ide-ide atau proses-proses sentral dalam sebuah subjek secara kontekstual berdasarkan kehidupan murid sehari-hari.
- buatlah model pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut secara relevan dan kontektual sesuai usia murid.
- buatlah dengan indikator/Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) penilaiannya sesuai dengan tujuan pembelajaran di atas secara relevan dan kontekstual.
- dengan kondisi awal 5 murid menyukai aktivitas pembelajaran visual, 7 murid menyukai aktivitas pembelajaran auditori, dan 12 aktivitas pembelajaran kinestetik.
- Mayoritas para murid tinggal di pedesaan dan bekerja sebagai petani, buruh.
- buatlah kegiatan awal pembelajaran : guru mengucapkan salam, guru menanyakan kabar murid, guru mengajak para murid berdoa bersama-sama, mengajak murid menyanyikan lagu wajib nasional, guru memberikan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya, dan guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
- buatlah asesmen formatif : Guru mengobservasi partisipasi dan pemahaman setiap kelompok/individu, guru memberikan umpan balik langsung kepada setiap individu/kelompok, guru menilai kerja individu/kelompok berdasarkan rubrik yang telah disediakan.
- buatlah asesmen sumatif : Jenis asesmen yang saya inginkan adalah asesmen [AUTENTIK / NON-AUTENTIK] dan dikerjakan secara [INDIVIDUAL / BERKELOMPOK]. Bentuk-bentuk asesmen sumatif, seperti pembuatan produk, pengerjaan proyek, membuat pameran, membuat presentasi, dan masih banyak lagi.
- dengan kegiatan akhir pembelajaran : murid dengan bimbingan Guru menyimpulkan poin-poin penting dalam proses pembelajaran hari ini, murid menyampaikan refleksi proses dan materi pelajaran: kesulitan yang mereka hadapi, hal yang disukai, dan hal yang perlu diperbaiki, guru memberi apresiasi kepada murid yang bekerja sama dengan baik dalam kelompok, guru menginformasikan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya, dan terakhir ditutup dengan doa.
- Buatlah rubrik penilaian untuk mengetahui kemampuan murid dalam menguasai materi sesuai indikator di atas.
- gunakan tahapan skala pada rubrik ialah MB=mulai berkembang, SB=sedang berkembang, BSH=berkembang sesuai harapan, SAB=sangat berkembang
- buatlah jadi tabel!
- Kamu adalah guru expert kelas 4 SD yang akan membuat rencana pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran Bahasa Indonesia.
- Pembelajaran berdifierensiasi merupakan usaha menyesuaikan proses pembelajaran dengan memberikan beragam cara melalui diferensiasi konten, proses, produk serta lingkungan belajar dan asesmen awal untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
- dengan identitas awal : Nama :Eko Subiantoro, S.Pd. Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, Nama Sekolah: SDN 1 Sumberbaru, Fase/Kelas/Semester: B/4/Ganjil, Waktu: 3 JP (3X35 menit), Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Bernalar kritis dan gotong royong.
- LALU LANGSUNG buatlah rencana pembelajaran berdiferensiasi dengan diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan. dengan Tujuan Pembelajaran 1.8. Menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal.
- sertakan media pembelajaran yang sesuai dan poin informasi tentang manfaat yang akan diperoleh setelah mengikuti proses pembelajaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, tujuan pembelajaran tersebut sesuai dengan karakter profil pelajar Pancasila.
- buatlah asesmen awal pembelajaran beserta soal sebanyak 3 soal, sertakan pula pertanyaan pemantik dari pembelajaran tersebut secara relevan dan kontekstual sesuai jenjang murid.
- buatlah pemahaman bermakna dari sebuah pemahaman sepanjang hayat (enduring understanding) untuk tujuan pembelajaran tersebut. Enduring understandings adalah pernyataan- pernyataan yang merangkum ide-ide atau proses-proses sentral dalam sebuah subjek secara kontekstual berdasarkan kehidupan murid sehari-hari.
- buatlah model pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut secara relevan dan kontektual sesuai usia murid.
- buatlah dengan indikator/Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) penilaiannya sesuai dengan tujuan pembelajaran di atas secara relevan dan kontekstual.
- dengan kondisi awal 5 murid menyukai aktivitas pembelajaran visual, 7 murid menyukai aktivitas pembelajaran auditori, dan 12 aktivitas pembelajaran kinestetik.
- Mayoritas para murid tinggal di pedesaan dan bekerja sebagai petani, buruh.
- buatlah kegiatan awal pembelajaran : guru mengucapkan salam, guru menanyakan kabar murid, guru mengajak para murid berdoa bersama-sama, mengajak murid menyanyikan lagu wajib nasional, guru memberikan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya, dan guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
- buatlah asesmen formatif : Guru mengobservasi partisipasi dan pemahaman setiap kelompok/individu, guru memberikan umpan balik langsung kepada setiap individu/kelompok, guru menilai kerja individu/kelompok berdasarkan rubrik yang telah disediakan.
- buatlah asesmen sumatif : Jenis asesmen yang saya inginkan adalah asesmen [AUTENTIK / NON-AUTENTIK] dan dikerjakan secara [INDIVIDUAL / BERKELOMPOK]. Bentuk-bentuk asesmen sumatif, seperti pembuatan produk, pengerjaan proyek, membuat pameran, membuat presentasi, dan masih banyak lagi.
- dengan kegiatan akhir pembelajaran : murid dengan bimbingan Guru menyimpulkan poin-poin penting dalam proses pembelajaran hari ini, murid menyampaikan refleksi proses dan materi pelajaran: kesulitan yang mereka hadapi, hal yang disukai, dan hal yang perlu diperbaiki, guru memberi apresiasi kepada murid yang bekerja sama dengan baik dalam kelompok, guru menginformasikan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya, dan terakhir ditutup dengan doa.
- Buatlah rubrik penilaian untuk mengetahui kemampuan murid dalam menguasai materi sesuai indikator di atas.
- gunakan tahapan skala pada rubrik ialah MB=mulai berkembang, SB=sedang berkembang, BSH=berkembang sesuai harapan, SAB=sangat berkembang
- buatlah jadi tabel!
"SEMANGAT DALAM BERKARYA!"
0 Response to "PROMPT AI MODUL AJAR BERDIFERENSIASI"
Post a Comment