SUKA GABUT (SUKSESKAN KEGIATAN GERAKAN AYO BERINFAQ UNTUK MASYARAKAT) - EKO SUBIANTORO'S BLOG

SUKA GABUT (SUKSESKAN KEGIATAN GERAKAN AYO BERINFAQ UNTUK MASYARAKAT)

 


PRAKTIK BAIK METODE ATAP

“SUKA GABUT” (SUKSESKAN KEGIATAN GERAKAN AYO BERINFAQ UNTUK MASYARAKAT)


AWAL

Sebagai seorang pendidik kami memiliki sasaran dalam menjalankan praktik baik ini, diantaranya adalah menanamkan sebuah karakter kepedulian, empati, saling berbagi dan tolong menolong sesama manusia sebagai makhluk sosial.

Ada pula yang melatar belakangi kami dalam mempraktikkan praktik baik ini adalah adanya sebuah keresahan terhadap perilaku peserta didik yang semakin hari berkurangnya rasa kepedulian, kurangnya rasa empati, kurangnya saling berbagi dan kurangnya rasa tolong menolong kepada masyarakat sekitar yang memerlukan bantuan, sehingga nampak jelas akan lemahnya rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia dan melunturnya watak kedermawanan atau saling berbagi materi kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga berakibat pada kerasnya hati peserta didik itu sendiri.

Tujuan dalam kegiatan praktik baik ini adalah untuk menanamkan sebuah kebiasaan kepada peserta didik agar lebih peka terhadap kondisi sosial yang ada di sekitanya, terutama kepada masyarakat yang kurang mampu, serta menstimulus sifat atau karakter kedermawanan pada peserta didik dalam upaya bersosialisasi dan berinteraksi dengan kelompok social yang homogen di lingkungannya. Sebab dengan karakter tersebut peserta didik lebih dekat bersentuhan dengan berbagai karakter social masyarakat serta meningkatkan sisi humanis pada peserta didik itu sendiri.

 

TANTANGAN

Tantangan yang kami hadapi dalam melaksanakan praktik baik ini adalah masih minimnya rasa kepedulian, rasa empati, rasa saling berbagi dan rasa tolong menolong sesama manusia.

Masih melekatnya sifat pelit atau kikir pada peserta didik sehingga timbul kecemasan akan berkurangnya materi yang dimilikinya saat berbagai kepada sesama.

Sebagai seorang pendidik seharusnya tanpa henti untuk selalu memberikan keteladanan secara langsung di hadapan peserta didik guna menanamkan karakter saling berbagi dan tolong menolong sesama manusia sebagai makhluk sosial.


AKSI

Strategi yang kami terapkan dalam melakukan praktik baik ini, seperti menugaskan kementerian agama (dua siswa) untuk selalu mengingatkan secara rutin setiap harinya kepada peserta didik lain untuk menyumbangkan sebagian kecil dari uang sakunya, guna disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Melakukan pencatatan bagi peserta didik yang telah memberikan sumbangan dan melaporkan hasil kegiatan tersebut kepada presiden dan wakil presiden (ketua kelas dan wakil ketua kelas) sebagai bukti kinerja dari kementerian agama.

Keseruan dari praktik baik ini adalah mengenal keragaman karakter dari peserta didik berbeda-beda, sehingga dapat mengetahui bagaimana cara menerapkan strategi yang telah dirancang guna mencapai tujuan pembelajaran dari praktik baik itu sendiri.

Setelah kegiatan praktik baik ini berjalan secara rutin dan mendapatkan respon yang beragam dari peserta didik, seperti semakin bijak lagi dalam mengelola keuangan (uang saku) sehingga dapat mengontrol pengeluaran (dalam belanja) setiap harinya. Serta respon lainnya seperti, semakin berkurangnya jumlah uang jajan, keterbatasan dalam membelanjakan uang sakunya.

Adapun respon kami sebagai peserta didik dalam menanggapi berbagai reaksi peserta didik adalah memberikan sebuah pemahaman secara humanis dari hati ke hati, sehingga tidak terkesan menggurui mereka dan lebih mengarah pada sebuah tutur nasihat antar sesama teman, antar anak dan orang tua serta antar sesama makhluk sosial.

 

PELAJARAN/PERUBAHAN

Pelajaran yang dapat dipetik dari kegiatan praktik baik ini adalah semakin menambah rasa kepedulian, rasa empati, rasa saling berbagi dan rasa tolong menolong sesama manusia dan semakin bijaknya peserta didik dalam mengatur keuangan (uang saku) setiap harinya. Karena dengan membantu masyarakat yang membutuhkan dapat memberikan kebermanfaatan kepada orang banyak, sehingga dapat melembutkan hati peserta didik serta menambah ketaatan kepada Allah Subhaanahu wa Ta’ala sebagai amal sholeh.


-SEMOGA MENGINSPIRASI-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SUKA GABUT (SUKSESKAN KEGIATAN GERAKAN AYO BERINFAQ UNTUK MASYARAKAT)"

Post a Comment