KURIKULUM MERDEKA KESETARAAN - EKO SUBIANTORO'S BLOG

KURIKULUM MERDEKA KESETARAAN

 


KURIKULUM MERDEKA KESETARAAN

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

            Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. 

            Karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut :

a. Pengembangan soft skills dan karakter melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

b. Fokus pada materi esensial, relevan dan mendalam sehingga ada waktu cukup untuk membangun kreativitas dan inovasi peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

c. Pembelajaran yang fleksibel, seperti keleluasaan bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan pengembangan masing-masing peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KURIKULUM MERDEKA KESETARAAN"

Post a Comment