DIGIVICE (DIGITAL CLASS OF VIRTUAL INTERACTIVE, CREATIVE AND EFFECTIVE) - EKO SUBIANTORO'S BLOG

DIGIVICE (DIGITAL CLASS OF VIRTUAL INTERACTIVE, CREATIVE AND EFFECTIVE)


 PRAKTIK BAIK METODE ATAP

“DIGIVICE” (DIGITAL CLASS OF VIRTUAL INTERACTIVE, CREATIVE AND EFFECTIVE)


AWAL

Pembelajaran menggunakan kelas digital berbasis Google Sites merupakan salah satu cara yang saat ini sedang populer digunakan dalam proses belajar-mengajar. Teknologi ini memungkinkan para pendidik untuk membuat situs web kelas mereka sendiri dengan mudah dan cepat tanpa harus memiliki keterampilan pemrograman yang khusus, selain itu Website ini dapat dijadikan sebagai aplikasi android yang dapat diunduh oleh peserta didik dengan memanfaatkan website https://appsgeyser.com/*. Sehingga memudahkan peserta didik unduh membuka kelas digital di mana pun mereka berada.

Latar belakang dari penggunaan kelas digital berbasis Google Sites adalah kebutuhan akan aksesibilitas dan fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Di era digital seperti sekarang ini, teknologi telah memainkan peran penting dalam membentuk cara kita belajar dan mengakses informasi. Selain itu, dengan adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada pembatasan sosial dan pembatasan akses ke kelas fisik, maka penggunaan kelas digital semakin menjadi kebutuhan penting dalam dunia pendidikan.

Google Sites merupakan salah satu platform yang menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Melalui Google Sites, pendidik dapat memperkenalkan topik tertentu, memberikan tugas, dan memfasilitasi komunikasi antara siswa dan guru. Selain itu, Google Sites juga memungkinkan para siswa untuk mengakses bahan pelajaran dari mana saja dan kapan saja, sehingga memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran.

Dalam pembelajaran menggunakan kelas digital berbasis Google Sites, guru dapat memanfaatkan berbagai sumber daya digital seperti video, gambar, dan file PDF untuk mendukung proses belajar-mengajar. Hal ini memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi para siswa. Selain itu, Google Sites juga memungkinkan guru untuk melacak kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang tepat waktu dan terstruktur.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh kelas digital berbasis Google Sites, penggunaan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, para pendidik perlu memanfaatkan teknologi ini dengan baik dan efektif untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih baik dan efisien di era digital yang semakin maju ini.

Tampilan Kelas Digital pada gawai peserta didik

Tampilan Kelas Digital pada laptop pendidik


TANTANGAN

Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan kelas digital menggunakan Google Sites, beberapa tantangan yang mungkin dihadapi antara lain:

  1. Keterbatasan koneksi internet: Koneksi internet yang tidak stabil atau lemah dapat menjadi kendala dalam mengakses dan mengunggah materi ke Google Sites. Hal ini dapat mengganggu proses pembelajaran online yang berlangsung.

  2. Kesulitan dalam mengelola Google Sites: Bagi guru atau pengajar yang belum terbiasa menggunakan Google Sites, mungkin akan mengalami kesulitan dalam membuat dan mengelola situs web tersebut. Hal ini memerlukan waktu dan usaha untuk mempelajari fitur-fitur dan fungsionalitas dari Google Sites.

  3. Tidak semua siswa memiliki akses ke teknologi: Beberapa siswa mungkin tidak memiliki perangkat teknologi seperti laptop atau smartphone yang diperlukan untuk mengakses Google Sites. Selain itu, tidak semua siswa memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup kuat untuk mengakses situs web.

  4. Keterbatasan interaksi langsung: Pembelajaran online melalui Google Sites mungkin tidak dapat memberikan pengalaman belajar yang sama seperti di kelas fisik. Siswa mungkin merasa sulit untuk berinteraksi dengan guru atau teman sekelas, dan belajar dari pengalaman langsung.

  5. Kesulitan dalam mengukur kemajuan siswa: Bagi guru atau pengajar, mengukur kemajuan siswa mungkin menjadi lebih sulit dalam pembelajaran online. Hal ini karena kurangnya interaksi langsung dan pengamatan terhadap keterlibatan dan partisipasi siswa di dalam kelas.

  6. Perlindungan data pribadi siswa: Dalam menggunakan Google Sites, penting untuk memastikan bahwa data pribadi siswa dilindungi dengan baik. Guru atau pengajar harus memahami dan mematuhi kebijakan privasi dan keamanan yang ditetapkan oleh sekolah atau lembaga pendidikan.

  7. Kurangnya fleksibilitas: Meskipun Google Sites dapat menjadi alat yang efektif untuk pembelajaran online, tetapi mungkin kurang fleksibel dalam menyesuaikan dengan kebutuhan kelas atau siswa tertentu. Hal ini dapat membatasi kreativitas dan inovasi dalam pengajaran.


AKSI

Untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan kelas digital menggunakan Google Sites, ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan, di antaranya:

  1. Menentukan Tujuan Pembelajaran Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, tentukan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dengan menetapkan tujuan pembelajaran, Anda dapat lebih fokus dalam merancang materi dan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut.

  2. Membuat Konten yang Menarik dan Relevan Konten merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Buatlah konten yang menarik dan relevan dengan topik yang sedang dibahas. Anda dapat menggunakan berbagai media seperti video, gambar, atau audio untuk menjelaskan materi dengan lebih jelas dan mudah dipahami.

  3. Menggunakan Format yang Tepat Saat membuat kelas digital menggunakan Google Sites, pastikan Anda menggunakan format yang tepat agar materi yang disajikan dapat diakses dengan mudah oleh siswa. Anda dapat memilih format seperti video, audio, atau teks yang mudah dipahami oleh siswa.

  4. Menyediakan Aktivitas Pembelajaran Selain materi pembelajaran, siswa juga membutuhkan aktivitas pembelajaran yang dapat membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Buatlah aktivitas yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

  5. Memberikan Umpan Balik Setelah siswa menyelesaikan aktivitas pembelajaran, berikan umpan balik yang konstruktif agar mereka dapat memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kelebihan dalam belajar. Dengan memberikan umpan balik, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dengan lebih baik lagi.

  6. Membuat Jadwal Pembelajaran Tentukan jadwal pembelajaran yang teratur agar siswa dapat belajar dengan lebih terstruktur. Buatlah jadwal pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan pastikan jadwal tersebut dapat diakses dengan mudah oleh mereka.

  7. Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Aman dan Nyaman Lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman sangat penting untuk membantu siswa fokus dalam belajar. Pastikan kelas digital yang Anda buat memiliki tampilan yang menarik, mudah dipahami, dan tidak mengganggu konsentrasi siswa.



Tampilan Kelas Digital pada menu perpustakaan digital

Tampilan Kelas Digital pada menu games digital


Tampilan Kelas Digital pada menu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)


PELAJARAN/PERUBAHAN

Ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan kelas digital menggunakan Google Sites, antara lain:

  1. Persiapan yang matang sangat penting Sebelum memulai kegiatan pembelajaran menggunakan Google Sites, sebaiknya dilakukan persiapan yang matang, seperti merencanakan materi pembelajaran, menentukan metode pengajaran, menyusun modul atau materi pembelajaran yang akan disajikan, dan mempersiapkan sumber daya yang dibutuhkan. Persiapan yang matang akan membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

  2. Gunakan fitur-fitur yang tersedia dengan maksimal Google Sites menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk memperkaya pembelajaran, seperti menambahkan gambar, video, atau audio. Manfaatkan fitur-fitur tersebut dengan maksimal untuk menjelaskan materi pembelajaran dengan lebih jelas dan menarik perhatian peserta didik.

  3. Komunikasi yang efektif antara guru dan peserta didik Dalam pembelajaran online, komunikasi yang efektif antara guru dan peserta didik sangat penting. Guru harus selalu tersedia untuk menjawab pertanyaan atau membantu peserta didik yang mengalami kesulitan. Selain itu, guru juga harus memberikan umpan balik yang konstruktif dan positif terhadap karya peserta didik.

  4. Evaluasi pembelajaran secara berkala Evaluasi pembelajaran secara berkala sangat penting untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi pembelajaran yang disajikan. Guru dapat menggunakan berbagai metode evaluasi, seperti tugas individu, tugas kelompok, atau kuis online.

  5. Fleksibilitas dalam mengadaptasi perubahan Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan kelas digital, terkadang terjadi perubahan atau kendala teknis yang tidak terduga. Oleh karena itu, guru perlu fleksibel dan mampu mengadaptasi perubahan dengan cepat, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan efektif.

Hasil karya peserta didik setiap proses pembelajaran


Demikian beberapa pelajaran yang dapat dipetik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan kelas digital menggunakan Google Sites.

*Catatan pembuatan aplikasi android untuk website Google Sites, klik link di bawah ini : https://youtu.be/qN5qbRgqFeM

-SEMOGA BERMANFAAT-


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DIGIVICE (DIGITAL CLASS OF VIRTUAL INTERACTIVE, CREATIVE AND EFFECTIVE)"

Post a Comment