LATGAB KORSA KEMIRI MARET 2023 - EKO SUBIANTORO'S BLOG

LATGAB KORSA KEMIRI MARET 2023

 

LATIHAN GABUNGAN (LATGAB) KORSA KEMIRI BULAN MARET 2023

Latihan gabungan (LATGAB) Pramuka Korsa Kemiri adalah kegiatan yang sangat baik untuk mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kerjasama di antara anggota Pramuka dari gugus depan yang berbeda. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melaksanakan latihan gabungan Pramuka antar gugus depan, antara lain:

  1. Menetapkan tujuan dan tema kegiatan. Sebelum memulai kegiatan, penting untuk menentukan tujuan dan tema kegiatan agar semua anggota Pramuka dari gugus depan yang berbeda memiliki arah dan tujuan yang sama.

  2. Mengundang gugus depan lain untuk berpartisipasi. Setelah menentukan tujuan dan tema kegiatan, gugus depan dapat mengundang gugus depan lain untuk berpartisipasi dalam kegiatan gabungan ini.

  3. Merencanakan kegiatan. Setelah mendapatkan konfirmasi partisipasi dari gugus depan lain, Anda dapat merencanakan kegiatan yang akan dilakukan bersama. Beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah hiking, outbond, orienteering, dan lain-lain.

  4. Menetapkan peraturan dan kesepakatan bersama. Sebelum memulai kegiatan, penting untuk menetapkan peraturan dan kesepakatan bersama yang akan diikuti selama kegiatan. Hal ini dapat membantu memastikan keamanan dan keselamatan selama kegiatan berlangsung.

  5. Melaksanakan kegiatan. Setelah semua persiapan selesai dilakukan, Anda dapat memulai kegiatan dan melibatkan seluruh anggota Pramuka dari gugus depan yang berbeda. Pastikan untuk menjaga semangat kebersamaan dan kerjasama selama kegiatan berlangsung.

  6. Mengevaluasi kegiatan. Setelah kegiatan selesai dilakukan, lakukan evaluasi bersama untuk mengevaluasi kegiatan dan memperbaiki kekurangan yang terjadi agar kegiatan gabungan Pramuka antar gugus depan selanjutnya dapat lebih baik lagi.

Latihan gabungan Pramuka antar gugus depan dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kerjasama yang penting bagi anggota Pramuka.

Kegiatan LATGAB Korsa Kemiri kali ini diselenggarakan pada Sabtu, 11 Maret 2023 yang bertempat di gugus depan SDN 1 Cantuk dan SDN 2 Cantuk. Kegiatan LATGAB diikuti oleh adik-adik kelas IV dan V dari gugus depan SDN 1 dan 2 Cantuk, serta didukung oleh kakak-kakak pembina gugus depan se-Korsa Kemiri yang cakep-cakep pastinya, seperti Kak Eko, Kak Mifta, Kak Yahya, Kak Puji, Kak Wais, Kak Yuli, Kak Alwi, Kak Erna, Kak Teguh, Kak Dika, Kak Radin, Kak Pandhu, Kak Friza dan Kak Farid.

Dengan didahului upacara pembukaan latihan pramuka yang dipembinai oleh Kak Friza Martyan Susanto, S.Pd. dan ajudan Kak Eko Subiantoro, S.Pd. Dilanjutkan dengan rapat pembina guna memberikan briefing terkait dengan tugas dan penempatan setiap pemberhentian (pos) kakak-kakak pembina.

Kak Friza sebagai Pembina Pramuka memberikan sambutan dengan menjelaskan proses kegiatan LATGAB, seperti kegiatan penjelajahan, materi PBB dan materi pionering.


Kegiatan selanjutnya adalah menampilkan yel-yel regu dengan tujuan membakar semangat adik-adik saat akan melakukan perjalanan menuju ke gugus depan SDN 2 Cantuk. Kemudian setiap regu akan melakukan laporan kepada kakak pembina untuk melanjutkan perjalanan, seperti yang dilakukan oleh regu melati yang sedang melakukan laporan kepada Kak Radin sebagai pembina di gugus depan SDN 1 Cantuk untuk menuju ke pemberhentian kedua yakni balai desa Cantuk.

Kegiatan berikutnya adik-adik akan menuju ke pemberhentian kedua setelah gugus depan SDN 1 Cantuk yaitu bertempat di balai desa Cantuk. Di sana adik-adik akan disambut oleh kakak-kakak pembina Korsa Kemiri yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik, seperti Kak Teguh, Kak Alwi dan Kak Mifta. Nah, di sana adik-adik akan mendapatkan materi tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB). Adapun manfaat dari materi PBB adalah meningkatkan disiplin diri dan kebiasaan positif, meningkatkan keterampilan fisik dan koordinasi, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, membentuk karakter yang tangguh dan ulet dan meningkatkan kesiapan dalam menghadapi bencana.



Menuju kegiatan menyenangkan selanjutnya adalah melakukan laporan terlebih dahulu kepada Kak Eko sebagai pembina di pemberhentian gugus depan SDN 2 Cantuk guna memberikan tanda buktiu bahwa kelompok/regu telah selesai menyelesaikan materi di pemberhentian sebelumnya.

Yang tidak kalah serunya lagi saat selesai laporan kepada kakak pembina, adik-adik akan mendapatkan materi tentang pionering (cara membuat tiang bendera "kaki tiga") dari kakak-kakak pembina. Adapun manfaat dari materi pionering tersebut adalah mengembangkan keterampilan kerjasama dan kepemimpinan, meningkatkan kreativitas dan inovasi, meningkatkan kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab, membantu meningkatkan keterampilan teknis dan meningkatkan rasa percaya diri dan ketangkasan fisik.



Dan sampailah pada puncak acara LATGAB Korsa Kemiri yaitu upacara penutupan latihan pramuka yang langsung dipembinai oleh Kak Friza sendiri selaku pembina gugus depan SDN 2 Cantuk. Kegiatan LATGAB kali ini sangat menyenangkan sekali bagi adik-adik peserta, itu terlihat dari semangat dan antusias mereka dalam mengikuti kegiatan mulai dari awal sampai dengan akhir kegiatan.



Sebelum kakak-kakak pembina meninggalkan lokasi LATGAB, kakak-kakak pembina melakukan rapat guna melakukan evaluasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan serta menyusun agenda LATGAB selanjutnya yang akan dilaksanakan setelah bulan suci Ramadhan.

Para pembina Korsa Kemiri mengucapkan banyak terima kasih atas suksesnya kegiatan LATGAB kali ini kepada Kamabigus se-Korsa Kemiri yang telah memberikan dukungannya berupa moral dan material sehingga pelaksanaan kegiatan gerakan pramuka di korsa Kemiri dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Dan kami sebagai pembina mengharap masukan dan kritikannya terhadap program kegiatan gerakan pramuka korsa Kemiri.

KORSA KEMIRI....MENGINSPIRASI!





-SEMOGA MENGINSPIRASI-

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "LATGAB KORSA KEMIRI MARET 2023"