P5 GAYA HIDUP BERKELANJUTAN PERTEMUAN 1 (2023) - EKO SUBIANTORO'S BLOG

P5 GAYA HIDUP BERKELANJUTAN PERTEMUAN 1 (2023)

 

PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN KELAS IV SDN 1 SUMBERBARU

(Minggu Pertama)

Di masa yang akan datang peserta didik dari "Republik Kelas Merdeka" sebutan untuk siswa-siswi kelas 4  SDN 1 Sumberbaru akan berada di garis terdepan dalam menjaga kelestarian lingkungan, sehingga mereka perlu bersiap diri untuk mengambil peran penting dalam kegiatan tersebut. Anak-anak perlu memahami apa itu lingkungan, apa dampaknya kerusakan lingkungan terhadap kehidupan mereka, dan bagaimana mereka bisa melakukan tindakan nyata menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai salah satu pusat pendidikan, sekolah memiliki  peranan penting dalam mempersiapkan peserta didik dalam  menghadapi masa yang akan datang dengan menjaga kelestarian lingkungan. Setiap llingkungan yang dekat dengan sekolah  telah mengalami dampak dari kerusakan lingkungan, karena itu tema ini sangat relevan disampaikan oleh sekolah di berbagai konteks di Banyuwangi, khususnya desa Sumberbaru.

Dalam pembagian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terdiri dari 3 kelompok, diantaranya:

KELOMPOK 1 : Ananda Ainnur Fitri, Zulfana Silva Annisa, Faris Firdaus, Moch. Rio Febriansyah, Muhammad Restu Cahyono, Ahmad Khoironi Pratama, Revy Fitra Ananda Putra dan Azmil Wafa.


KELOMPOK 2 : Putri Alesia, Findi Nazwa Nur Salsabila, Kayla, Siska Septiyana, Muhamad Rafi, Rizki Fahrel dan Aji Sabta Reffaldi.


KELOMPOK 3 : Nabila Saskia, Rizka Septiya, Zelene Gilda Zahrani, Adinda Rahmawati, Moh. Mayhendra Sujono, Rahmat Pujiono Putra dan Fahmy Algiffari Ahmadi.

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi profil Pelajar Pancasila, projek “Kami Sang Pejuang Lingkungan” bertujuan mewujudkan peserta didik untuk memiliki kesadaran lingkungan untuk berperan aktif dalam menjaga, mengatasi dan melestarikan lingkungan khususnya di rumah, sekolah dan lingkungan masyarakat. Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik mengeksplorasi isu lingkungan seperti permasalahan pengelolaan sampah, minimnya tanaman obat keluarga (TOGA) dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan lingkungan. Selanjutnya pada tahap kontekstualisasi, peserta didik mempelajari bagaimana dampak kerusakan lingkungan dapat mempengaruhi kehidupan manusia juga kehidupan makhluk lain. Kedua tahap ini bertujuan menumbuhkan kesadaran peserta didik tentang keterhubungan antara berbagai elemen alam, juga empati terhadap makhluk hidup lain. Dalam tahap pengantar aksi, peserta didik mengembangkan penguasaan kemampuan gotong royong melalui latihan-latihan kerjasama, komunikasi, dan merumuskan tujuan bersama. Tahap aksi membekali peserta didik dengan kemampuan melakukan aksi nyata dengan cara melestarikan lingkungan melalui penanaman tanaman TOGA, penanaman tanaman langka, melakukan pengolahan beberapa tanaman menjadi sebuah produk makanan dan minuman, serta memanfaatkan sampah organik mapun anorganik menjadi lebih bermanfaat bagi lingkungan, sembari terus mengasah kemampuan gotong royong dengan berbagai pihak. Kedua tahap ini juga dirancang agar memberikan dampak nyata dari aksi nyata menjaga lingkungan. Tahap berbagi, perayaan proyek dan tindak lanjut merupakan penutup alur pembelajaran. Peserta didik menyebarluaskan ilmu yang diperoleh dari projek dan mendapatkan apresiasi, diakhiri dengan refleksi serta penguatan motivasi untuk menerapkan hasil belajar dalam praktik dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, proyek Kami Sang Pejuang Lingkungan menggunakan strategi pembiasaan untuk menumbuhkan perilaku ramah lingkungan pada peserta didik. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan dua dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: (1) Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, dan (2) Bergotong Royong, khususnya elemen kerja sama dan kepedulian. 

Adapun untuk dimensi dan elemen profil pelajar Pancasila yang relevan dengan projek ini adalah sebagai berikut :

Sedangkan rubrik asesmen profil pelajar Pancasila pada dimensi Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia sbb:

Sedangkan rubrik asesmen profil pelajar Pancasila pada dimensi Bergotong royong sbb:

Adapun kegiatan kami secara lengkapnya :

PERSIAPAN : Sebelum pertemuan pertama, setiap kelompok menyiapkan buku catatan untuk jurnal kegiatan projek dan setiap kelompok membuka KELAS DIGITAL https://sites.google.com/view/republikkelasmerdekagenap2023/projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-p5/pertemuan-minggu-kedua

PELAKSANAAN : Guru memulai dengan memberitahu peserta didik, kita akan menjalani sebuah petualangan untuk mengenal pelestarian lingkungan. 

1. Guru memberikan pertanyaan pemantik, seperti apakah peserta didik pernah melihat lingkungan sebelumnya.

2. Peserta didik bergiliran mengungkapkan apa yang mereka lihat pada lingkungan tersebut. 

3. Peserta didik menyimak berbagai pengertian dari lingkungan yang disampaikan guru baik dalam bentuk video, bacaan dan lain sebagainya. 

4. Guru menyampaikan tentang berbagai jenis sampah, berbagai tanaman TOGA, berbagai tanaman langka yang bermanfaat yang ada di sekitar lingkungan sekolah/masyarakat. 

5. Setiap kelompok dapat mengidentifikasi setiap tanaman yang dijelaskan oleh guru atau cara pengolahan sampah melalui internet sebagai sumber referensi/informasi selain guru.

6. Setiap kelompok peserta didik melakukan diskusi terkait dengan hasil analisis masalah yang terjadi.  

7. Setiap kelompok melakukan presentasi tentang apa yang mereka dapatkan dari hasil diskusi kelompok.


8. Penutup: peserta didik melakukan refleksi bersama guru.

Alhamdu Lillaah kegiatan minggu pertama pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini berjalan dengan sukses dan lancar, setiap kelompok melaksanakan tugasnya dengan cukup baik walaupun ada beberapa hal yang masih membutuhkan perbaikan. Semoga kegiatan projek ini dapat memberikan dampak yang besar bagi peningkatan mutu karakter (profil pelajar Pancasila) setiap peserta didik, Aamiin.

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA..."BERJIWA PANCASILA DAN SIAP BERKARYA!"


-SEMOGA BERMANFAAT-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "P5 GAYA HIDUP BERKELANJUTAN PERTEMUAN 1 (2023)"

Post a Comment