STS BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) - EKO SUBIANTORO'S BLOG

STS BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

ASYIKNYA STS "PENDIDIKAN SENI" BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)


Sumatif Tengah Semester (STS) di kelas IV SDN 1 Sumberbaru kali ini ada yang berbeda setiap semesternya yaitu kali ini STS mengkombinasikan ujian dengan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI), atau ujian yang dibuat menggunakan teknologi kecerdasan buatan, AI adalah salah satu cara yang baru dan inovatif untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan peserta didik. AI yang akan digunakan saat ini pada mata pelajaran "Pendidikan Seni."

Asesmen sumatif dengan AI dimulai dari pemilihan website yang akan digunakan oleh peserta didik itu sendiri yang disesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing, seperti bagi peserta didik yang menyukai menggambar dapat memilih website https://sketch.metademolab.com/ atau wabsite https://www.autodraw.com/. Bagi peserta didik yang menyukai musik video dapat memilih website https://www.beatoven.ai/ atau https://app.pictory.ai/textinput atau mengubah foto menjadi bergerak dan berbicara https://studio.d-id.com/

Adapun beberapa karya peserta didik saat memanfaatkan website berbasis AI di atas, sebagai berikut :

1. Memanfaatkan website "Sketch Metademolab"


2. Memanfaatkan website "Stusio D-ID"

3.
Memanfaatkan website "Auto Draw"





















Seluruh peserta didik sangat antusias sekali dalam melaksanakan STS berbasis AI ini sebab mereka mengerjakan tugas sesuai dengan minat dan hobinya masing-masing. Akan tetapi ada beberapa kendala dalam melakukan kegiatan ini, seperti jaringan internet WIFI yang sedikit lambat karena pengguna yang cukup banyak.

Selain itu, AI juga dapat membantu guru untuk mengevaluasi kinerja siswa secara keseluruhan. Dengan menggunakan teknologi analisis data, AI dapat membantu guru untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran siswa dan memberikan umpan balik yang spesifik dan efektif. Dalam kesimpulannya, ujian dengan AI dapat menjadi salah satu solusi inovatif dalam melakukan asesmen pada peserta didik secara menyenangkan berdasarkan minat dan hobi masing-masing peserta didik.


-SEMOGA BERMANFAAT-

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "STS BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)"