IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Saturday, December 16, 2023
Kurikulum Merdeka,
Kurikulum Merdeka Kesetaraan,
Kurikulum Merdeka SD,
Pendidikan Kesetaraan,
Pendidikan SD,
Praktik Baik Guru
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Karakteristik Kurikulum Merdeka :
- Pengembangan Soft Skills dan Karakter
- Fokus pada Materi Esensial
- Pembelajaran yang Fleksibel
1. Pengembangan Soft Skills dan Karakter
Pengembangan soft skill dan karakter melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
2. Fokus pada Materi Esensial
Fokus pada materi esensial, relevan, dan mendalam sehingga ada waktu cukup untuk membangun kreativitas dan inovasi peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar, seperti literasi dan numerasi.
3. Pembelajaran yang Fleksibel
Keleluasaan bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan masing-masing peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila :
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler yang memberikan kesempatan pada peserta didik, seperti :
- Mengeksplorasi pengetahuan, mengambangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profl pelajar Pancasila.
- Mempelajari secara mendalam tema-tema atau isu penting, seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi.
- Melakukan aksi nyata sebagai respon terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka.
ALUR MEMAHAMI KURIKULUM MERDEKA
1. Memahami Garis Besar Kurikulum Merdeka :
Adapun Regulasi mengenai Kurikulum Merdeka yang berlaku dapat diakses dengan mengklik link URL di bawah ini :
Adapun Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran dapat diakses dengan mengklik link URL di bawah ini :
2. Memahami Pembelajaran dan Asesmen :
Panduan pembelajaran dan asesmen, meliputi :
- Prinsip pembelajaran dan asesmen
- Pembelajaran sesuai dengan tahapan peserta didik
- Perencanaan pembelajaran dan asesmen (termasuk ATP)
- Merencanakan pembelajaran
- Pengolahan dan pelaporan hasil asesmen
Adapun Panduan Pembelajaran dan Asesmen dapat diakses melalui link URL di bawah ini :
PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN
- Memahami Capaian Pembelajaran (CP)
Sebelum melangkah pada strategi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian, kita bahas terlebih dahulu terkait dengan Capaian Pembelajaran (CP).
Konsep Capaian Pembelajaran (CP) : Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD. Untuk pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.
Pemerintah hanya menetapkan tujuan akhir per fase (CP) dan waktu tempunya (fase). Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi, dan cara atau jalur untuk mencapainya. Agar bisa menentukan strategi yang sesuai, kita perlu mengetahui titik awal keberangkatan para peserta didik. Perhatikan kolom di bawah ini!
- Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) untuk merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), dan Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Tujuan Pembelajaran (TP) yang dikembangkan perlu dicapai peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran, hingga kahirnya pada penghujung fase mereka dapat mencapai CP. Oleh karena itu untuk CP dalam satu fase, pendidik perlu mengambangkan beberapa Tujuan Pembelajaran (TP).
Pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi untuk menyusun Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dengan memenuhi kriteria di bawah ini :
Atau dapat mengakses beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang telah jadi, dengan mengklik link URL di bawah ini :
https://drive.google.com/drive/folders/1LGlXIocNQuRH-tp6I27frCSYkpjFY2u2?usp=sharing
Adapun format perumusan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dapat diakses dengan mengklik link URL di bawah ini :
Atau dapat mengakses beberapa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang telah jadi, dengan mengklik link URL di bawah ini :
- Merencanakan Pembelajaran dan asesmen
- Melaksakan pembelajaran da asesmen
- Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP)
3. Memahami Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan :
Panduan pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan, meliputi :
- Analisis karakteristik satuan pendidikan
- Penyusunan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan
- Pengorganisasian pembelajaran
- Perencanaan pembelajaran
- Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional
Adapun Panduan Pengembangan KOSP dapat diakses melalui link URL di bawah ini :
4. Memahami Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila :
Panduan pengembangan P5, meliputi :
- Menyiapkan ekosistem sekolah
- Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Mengelola Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Mengolah asesmen asesmen dan melaporkan hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Evaluasi dan tindak lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Adapun panduan pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat diakses melalui link URL di bawah ini :
0 Response to "IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA"
Post a Comment