EMANG BOLEH, ASESMEN SUMATIF TENGAH SEMESTER SEASYIK INI? - EKO SUBIANTORO'S BLOG

EMANG BOLEH, ASESMEN SUMATIF TENGAH SEMESTER SEASYIK INI?

 EMANG BOLEH, ASESMEN SUMATIF TENGAH SEMESTER SEASYIK INI?


ASESMEN SUMATIF SKENARIO (BERMAIN PERAN) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN 1 SUMBERBARU 2024.






Bel pagi berbunyi nyaring, menandakan dimulainya Asesmen Sumatif Tengah Semester Genap dengan tema Menjalin Hubungan Harmonis dan Toleransi. Suasana kelas 4 menjadi ramai saat Pak Eko membagi mereka menjadi beberapa kelompok, dengan memanfaatkan website Random Team Generator agar pengundian kelompok lebih seru dan asyik. Dengan penuh semangat, ada yang memerankan adegan menyambut siswa baru, menyelesaikan masalah tentang lapangan bermain, dan berdiskusi dengan teman yang berbeda pendapat. Pemilihan skenario dilakukan dengan pengundian kembali, memanfaatkan website Wheel Of Names.










Peserta didik mulai berdiskusi tentang skenario kasus yang didapatkan dari hasil undian. Ada yang membahas tentang cara menyelesaikan pertengkaran antar siswa yang berbeda agama, ada yang mencari solusi untuk mengatasi tetangga yang membuang sampah sembarangan, dan ada pula yang memikirkan strategi untuk menanggapi berita provokatif di media sosial.








Setelah diskusi selesai, Pak Eko mengajak setiap kelompok untuk bermain peran. Setiap kelompok memilih satu situasi yang membutuhkan toleransi dan kerjasama untuk diperankan. Suasana kelas penuh dengan tawa dan canda saat mereka berakting. Teman-teman lain dan Pak Eko pun memberikan masukan dan saran untuk meningkatkan performa mereka. Di akhir kegiatan, mereka melakukan refleksi dan diskusi tentang apa yang telah mereka pelajari. Mereka menyadari bahwa menjalin hubungan harmonis dan toleransi sangat penting dalam kehidupan. Mereka juga belajar bagaimana menyelesaikan masalah dengan cara yang damai dan kreatif.









Kegiatan Asesmen Sumatif Tengah Semester ini bukan hanya tentang mendapatkan nilai, tetapi juga tentang belajar dan berkembang bersama. Mereka belajar tentang pentingnya menghargai perbedaan, bekerja sama, dan saling membantu. Pengalaman ini akan menjadi bekal berharga bagi mereka dalam menjalani kehidupan di masa depan.

Bel pulang sekolah berbunyi. Dengan rasa puas dan gembira, murid-murid kelas 4 SDN 1 Sumberbaru meninggalkan kelas. Hari ini, mereka tidak hanya belajar tentang teori, tetapi juga mempraktikkannya dalam kehidupan nyata. Mereka telah selangkah lebih dekat untuk menjadi generasi penerus bangsa yang toleran, harmonis, dan penuh kerjasama, Aamiin.



-SEMOGA MENGINSPIRASI-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "EMANG BOLEH, ASESMEN SUMATIF TENGAH SEMESTER SEASYIK INI?"

Post a Comment