PROMPT AI MEMBUAT LAPORAN OBSERVASI KELAS PENGELOLAAN KINERJA PMM - EKO SUBIANTORO'S BLOG

PROMPT AI MEMBUAT LAPORAN OBSERVASI KELAS PENGELOLAAN KINERJA PMM

 PROMPT AI MEMBUAT LAPORAN OBSERVASI KELAS :

Saya adalah guru kelas 4 SD yang akan membuat laporan pengembangan partisipan observasi praktik pembelajaran dengan rekan sejawat. Adapaun identitas sampul laporan hari/tanggal observasi: 2 Maret 2024kelas IV, guru yang diobservasi : Miftahul Jannah, S.Pd., observer: Eko Subiantoro, s.pd.

Laporan pengembangan partisipan observasi praktik pembelajaran dengan rekan sejawat adalah sebuah laporan yang disusun untuk merekam dan menganalisis pengalaman serta pembelajaran yang didapat oleh seorang partisipan yang melakukan observasi praktik pembelajaran bersama rekan sejawatnya. Dalam konteks pendidikan atau pelatihan, laporan ini biasanya dibuat setelah seorang guru atau instruktur mengamati dan belajar dari praktik pembelajaran yang dilakukan oleh rekan sejawatnya. Laporan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan mengajar para pendidik atau instruktur melalui refleksi, belajar dari praktik terbaik, serta berbagi pengalaman dengan rekan sejawat.

Adapun komponen dari laporan ini adalah : Lembar pengesahan dari kepala sekolah (identitas guru yang diobservasi: Miftahul Jannah, S.Pd. NIP: -, Jabatan: Guru Kelas III dan guru yang mengobservasi: Eko Subiantoro, S.Pd. NIP: 199105282022211012, jabatan: Guru Kelas IV) dan kepala sekolah: Asini, S.Pd. NIP : 196904211993082003 disertai tanda tangan.

Kata pengantar laporan observasi + tanda tangan observer : Banyuwangi, 2 Maret 2024, Eko Subiantoro, S.Pd.,NIP: 199105282022211012.

Lembar catatan percakapan pra-observasi kelas, berisikan hari/tanggal, nama guru, mata pelajaran, sekolah, kelas, waktu. Serta berikan (tujuan pembelajaran: 1. Melalui membaca, murid mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar. 2. Melalui kegiatan komunikasi aktif dalam kelompok murid mampu membuat laporan manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik. 3. Melalui kegiatan menulis pengalaman bekerjasama dengan kelompok tentang pemanfaatan air di lingkungan rumah, murid mampu membuat laporan mengenai manfat air bagi manusia hewan, dan tanaman denga benar., area pengembangan yang hendak dicapai: Keaktifan siswa, Metode pembelajaran diskusi, Pengelolaan kelas, strategi yang dipersiapkan: 1. Pembelajaran Berdiferensiasi 2. Kelompok yang heterogen 3. Media gambar dan teks bacaan 4. Metode diskusi dan Presentasi , dan catatan dari supervisor: Persiapan kegiatan pembelajarannya sudah baik, Guru merencanakan strategi pembelajaran yang berfokus untuk mengembangkan kompetensinya. dan tanda tangan observer: Eko Subiantoro, S.Pd. NIP: 199105282022211012 dan guru: Miftahul Jannah, S.Pd., NIP: -.

4.  Dokumen kegiatan pra-observasi (isi dengan foto-foto observer dan pelaku berdua sedang membicarakan persiapan observasi).

         Lembar observasi pembelajaran di kelas (hari/tanggal: Selasa,  5 Maret 2024, nama guru yang diobservasi: Miftahul Jannah, S.Pd., mata pelajaran: Matematika, sekolah: SDN 1 Sumberbaru, kelas: III, waktu: 2X35 menit), sertakan (aspek dan strategi pengembangan: Keaktifan murid, Tujuan Pembelajaran, Metode Diskusi Kelompok, Pengelolaan Kelas, ada/tidak ada, catatan pengamatan: Keaktifan murid sudah baik, Tujuan pembelajaran disampaikan ke murid dengan baik, Diskusi kelompok berjalan dengan baik, Guru melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik + buat dalam bentuk tabel)+ catatan tambahan: 1. Perlu bimbingan khusus bagi siswa yang kemampuannya kurang 2. Pembelajaran berdiferensiasi sudah terlihat dan baik 3. Secara keseluruhan pembelajaran berjalan dengan lancer, murid berperan aktif, guru sebagai fasilitator. 4. Guru dan siswa sangat bersemangat. + tanda tangan observer: Eko Subiantoro, S.Pd., NIP: 199105282022211012.

6.      Dokumentasi kegiatan observasi (isi dengan foto-foto kegiatan observasi di dalam kelas bersama siswa, observer dan pelaku),

7.     Lembar catatan percakapan pasca – observasi kelas (tindak lanjut hasil observasi) berisi hari/tanggal: Jumat, 8 Maret 2024, nama guru: Miftahul Jannah, S.Pd., mata pelajaran: Matematika, sekolah: SDN 1 Sumberbaru, kelas: III, waktu: 20 menit), catatan refleksi guru: Refleksi guru seteah observasi yaitu pada diri guru tumbuh perasaan lebih semangat lagi dalam pembelajaran. Guru ingin meningkatkan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi lebih baik., topik percakapan dan catatan: Umpan balik setelah melakukan observasi dan rencana pengembangan diri selanjutnya. Melakukan percakapan terkait umpan balik kepada guru terhadap kompetensi yang ingin dikembangkan. Guru ingin memperbaiki pembelajarannya dan menggali ilmu lagi dengan mengikuti pelatihanpelatihan pada PMM, kegiatan KKG. Guru juga ingin mencari sumbersumber lain yang bisa dipelajari yaitu melalui media sosial, youtube atau yang lainnya., rencana tindak lanjut: Guru ingin memperbaiki pembelajarannya dan menggali ilmu lagi dengan mengikuti pelatihan-pelatihan pada PMM, kegiatan KKG. Guru juga ingin mencari sumber-sumber lain yang bisa di pelajari yaitu melalui media sosial, youtube atau yang lainnya, catatan khusus supervisor: Tetap semangat mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid. + tanda tangan kesepakatan observer: Eko Subiantoro, S.Pd. NIP: 199105282022211012 dan guru: Miftahul Jannah, S.Pd., NIP: -.

8.    Dokumentasi kegiatan pasca-observasi (isi dengan foto-foto kegiatan pasca observasi, yaitu obsever, pelaku dan kepala sekolah),

9.      Penutup dengan tanda tangan observer: Eko Subiantoro, S.Pd. NIP: 199105282022211012 

Buatlah laporan pengembangan partisipan observasi praktik pembelajaran dengan rekan sejawat tersebut sesuai informasi di atas secara lengkap!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PROMPT AI MEMBUAT LAPORAN OBSERVASI KELAS PENGELOLAAN KINERJA PMM"

Post a Comment