PROMP AI ASESMEN - EKO SUBIANTORO'S BLOG

PROMP AI ASESMEN

 PROMP AI ASESMEN


PROMPT PEMBUATAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF (Materi)

  • buatlah 3 soal literasi beserta stimulusnya untuk mengetahui kemampuan awal murid sebelum pembelajaran dimulai, dengan capaian pembelajaran : 
  • Masukkan Capaian Pembelajaran (CP)

PROMPT PEMBUATAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF (Kompetensi)

  • mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, menciptakan.
  • buatlah 3 soal untuk mengetahui kemampuan awal murid sebelum pembelajaran dimulai, dengan capaian pembelajaran : 
  • Masukkan Capaian Pembelajaran (CP)


PROMPT PEMBUATAN RUBRIK ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF

  • Buatlah rubrik penilaian untuk mengetahui kemampuan awal murid berada di mana
  • Masukkan Capaian Pembelajaran (CP)
  • gunakan tahapan skala pada rubrik ialah MB=mulai berkembang SB=sedang berkembang SAB=sangat berkembang
  • buatlah jadi tabel!

PROMPT PEMBUATAN ASESMEN DIAGNOSTIK NONKOGNITIF

  • Buatlah asesmen awal non kognitif berupa minat, latar belakang keluarga, gaya belajar, lingkungan dan sarana prasarana yang dimiliki murid.
  • jumlah soal, jenis soal, usia murid


PROMPT PEMBUATAN KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)

  • Buatlah Indikator penilaian dari
  • Masukkan Tujuan Pembelajaran (TP)

UNTUK LEBIH DETAIL
Buatlah lebih detail

PROMPT PEMBUATAN PERTANYAAN PEMANTIK

  • pertanyaan pemantik adalah pertanyaan yang bertujuan untuk memandu siswa mendapatkan pemahaman sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • buatlah soal terkait pertanyaan pemantik dari
  • Masukkan Tujuan Pembelajaran (TP)
  • dengan kondisi murid berada di daerah pedesaan.

PROMPT PEMBUATAN RUBRIK ASESMEN PADA MODUL AJAR

  • Buatlah rubrik penilaian untuk mengetahui kemampuan murid dalam menguasai materi
  • Masukkan TP (Tujuan Pembelajaran)
  • gunakan tahapan skala pada rubrik ialah MB=mulai berkembang, SB=sedang berkembang, BSH=berkembang sesuai harapan, SAB=sangat berkembang
  • buatlah jadi tabel!


PROMPT PEMBUATAN ASESMEN FORMATIF

  •  Asesmen formatif ialah Asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar. Tidak berisiko tinggi (high stake), bisa dilakukan secara sederhana, sehingga umpan balik bisa lebih cepat diberikan. Dilakukan selama proses pembelajaran.
  • Ragam strategi asesmen formatif : Berdiskusi/mengobrol, Menulis, Menggambar, Mengerjakan sesuatu, Melakukan kuis, Mengerjakan soal.
  • Buatlah asesmen formatif sederhana
  • Masukkan TP (Tujuan Pembelajaran)
  • minat murid : menggambar, video, sosial media

PROMPT MEMBUAT ASESMEN FORMATIF (INSTRUMEN CATATAN ANEKDOTAL)
saya adalah guru kelas 4 SD yang telah melakukan observasi menggunakan format instrumen catatan anekdotal. Catatan anekdotal merupakan catatan naratif singkat yang menjelaskan perilaku anak yang penting bagi guru terkait tumbuh kembang anak. Anekdot menjabarkan apa yang terjadi secara faktual dan objektif, yang menjelaskan bagaimana terjadi, kapan dan di mana dan apa yang dikatakan dan dilakukan anak. Hari ini beberapa kelompok piket tidak menjalankan tugasnya dengan baik, seperti Ihsan: piket tetapi tidak bersih, Viko: datang terlambat, Gilang: asyik jajan di luar kelas, Aby: piket tidak bersih, Hera: terlambat datang ke sekolah,dan Saupa: piket tidak bersih. Mereka tidak melaksanakan piket kelas yang diakibatkan. buatlah Catatan berupa naratif yang menjelaskan perilaku di atas!


PROMPT PEMBUATAN ASESMEN SUMATIF 1

saya akan membuat asesmen sumatif dalam bentuk penilaian tertulis berupa soal studi kasus untuk siswa kelas 4 SD usia 9 tahun. Berikan contoh kasus dalam bentuk bacaan dan 10 soal esai beserta kuncinya.

PROMPT PEMBUATAN ASESMEN SUMATIF 2

  • Buatlah ide asesmen sumatif yang merangkum semua pertemuan. buatlah dengan tingkat kesulitan soal mulai dari low order thinking hingga higher order thinking.
  • buatlah asesmen sumatif berupa soal jawaban singkat dengan jumlah 5 soal beserta kuncinya.
  • buatlah asesmne sumatif berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 5 soal beserta kuncinya.

PROMPT PEMBUATAN ASESMEN SUMATIF 3

  •  Asesmen sumatif ialah Asesmen yang bertujuan untuk Mengukur apakah peserta didik sudah mengembangkan kompetensi dari subelemen dari elemen dan dimensi profil pelajar Pancasila sesuai fase yang disasar.
  •  Ragam strategi asesmen sumatif : Asesmen berbasis kinerja dan atau asesmen tertulis/lisan
  • Buatlah asesmen sumatif berbasis kinerja
  • Masukkan Tujuan Pembelajaran (TP)
  • minat murid : menggambar, video, sosial media

PROMPT PEMBUATAN PENGAYAAN 

Buatlah kegiatan pengayaan penilaian sumatif. Pengayaan ditujukan bagi murid dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Buat dalam kegiatan analisis bacaan dan berikan 5 pertanyaan. Berikan artikel untuk dibaca

PROMPT PEMBUATAN REMEDIAL

Buatlah kegiatan remedial penilaian sumatif. Remedial ditujukan bagi murid yang membutuhkan bimbingan untuk memahami/mengulang. Buat dalam bentuk 10 soal latihan pilihan ganda dan jawabannya.


PROMPT PEMBUATAN SOAL

  • Buatlah 6 soal pilihan ganda
  • dengan soal sesuai dengan taksonomi bloom revisi menganalisis, berikan pula stimulus berbentuk satu paragraf, untuk mengetahui penguasaan materi peserta didik dalam
  • Masukkan Tujuan Pembelajaran (TP)


PROMPT PEMBUATAN UMPAN BALIK (FEEDBACK)

  • Tahapan Feedback/umpan balik : Klarifikasi : Ajukan pertanyaan klarifikasi. Nilai : Berikan kekuatan yang terlihat Perhatian : Berikan komentar jika ada hal yang kurang sesuai, kurang lengkap yang menjadi perhatian guru. Saran : Berikan saran untuk pengembangan Apresiasi : Berikan apresiasi dari yang dilakukan.
  • Berikan umpan balik sesuai tangga umpan balik di atas untuk tugas murid berikut!
  • tugas murid
  • Masukkan Tujuan Pembelajaran (TP)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PROMP AI ASESMEN"

Post a Comment