PROMPT AI STRATEGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN - EKO SUBIANTORO'S BLOG

PROMPT AI STRATEGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN

 


PROMPT AI STRATEGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN


PROMPT MERANCANG STRATEGI PENGAJARAN

Saya sedang merancang strategi mengajar dan media ajar untuk murid kelas 4 SD.

Saya ingin murid mampu Mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Namun sayangnya murid tidak memahami pentingnya pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol digunakan sehari-hari.

Murid saya menyukai menggambar, olahraga, dan bermain game online.

Berikan saya 5 saran strategi pengajaran yang mudah untuk diimplementasikan.


UNTUK LEBIH DETAIL

Saya tertarik dengan STRATEGI PENGAJARAN.

Buatkan saya rancangan [Permainan/aktivitas] yang lebih detail.


UNTUK LEBIH DETAIL KEMBALI

Buatkan saya kartu permainan sebagai media pembelajaran dalam permainan di atas!



PROMPT MEMBUAT MEDIA BELAJAR BERBENTUK CERITA (KOMIK/BUKU CERITA)

Saya sedang merancang media pembelajaran berbentuk Komik untuk murid 4 SD. 
Buatlah Dialog dalam Komik untuk membantu murid mampu memahami dan membedakan macam-macam bangun ruang. 
Murid saya menyukai anime jepang ONE PEACE, NARUTO, FREE FIRE, dan MOBILE LEGEND dan mereka tinggal di pedesaan.
Buatlah dialog komiknya!

UNTUK LEBIH DETAIL
Buatlah komik di atas menggantung dan di akhir ada pertanyaan asesmen untuk mengajak murid berpikir kritis!


PROMPT MEMBUAT MEDIA BELAJAR BERBENTUK BUKU CERITA BERGAMBAR

Saya sedang merancang media pembelajaran berbentuk Buku Cerita Bergambar untuk murid kelas 1.
Buatlah Cerita untuk membantu murid agar tidak saling mengejek temannya dan saling membantu sesama teman.
Murid saya menyukai kegiatan lari-lari dan suka menonton karakter Cocomelon di Youtube dan mereka tinggal di pedesaan, kebanyakan orangtua petani dan ibu rumah tangga. 
Buatlah cerita dan rekomendasi gambar yang perlu dibuat!

UNTUK LEBIH DETAIL
setiap halaman terdapat teks singkat (1 kalimat) dan disertai gambar yang memudahkan anak kelas 1 SD memahaminya!


PROMPT MEMBUAT MEDIA BELAJAR BERBENTUK CERPEN

Saya sedang merancang media pembelajaran berbentuk Cerita Pendek untuk murid 5 SD, umur 8-10 tahun.
Buatlah Cerita Pendek untuk membantu murid mampu memahami dan membedakan macam-macam bangun ruang. 
Murid saya menyukai film anime jepang dan mereka tinggal di pesisir pantai, orang tua kebanyakan nelayan.

UNTUK LEBIH DETAIL
buatlah kembali cerita tentang Murid saya menyukai kartun upin ipin, dan mereka tinggal di pedesaan, orang tua kebanyakan petani dan buruh.


PROMPT MEMBUAT MEDIA BELAJAR BERBENTUK VIDEO

Saya sedang merancang media pembelajaran berbentuk video instruksional untuk murid kelas 4 SD. 
Buatlah naskah video dengan 1 narator, dan ide footage (berupa slide presentasi) untuk membantu murid mampu melakukan klasifikasi makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati. 
Murid saya menyukai drama dan lagu anak muda. 
Durasi video kurang dari 7 menit

UNTUK LEBIH DETAIL
Buatlah slide tersebut agar lebih memudahkan murid dalam memahami konsep dengan menggunakan analogi ataupun studi kasus!


PROMPT MEMBUAT MEDIA BELAJAR BERBENTUK POSTER

Saya sedang merancang media pembelajaran berbentuk poster untuk murid kelas 2 SD.
Buatlah ide poster untuk membantu murid mampu mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat. 
Murid saya menyukai kartun Upin Ipin.



PROMPT MEMBUAT MEDIA BELAJAR BERBENTUK KARTU PERMAINAN

Saya sedang merancang media pembelajaran berbentuk KARTU KUARTET untuk murid Kelas 7 SMP.
Buatlah daftar KLASIFIKASI untuk membantu murid memahami getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan cahaya.
Murid saya menyukai anime jepang dan mereka tinggal di perkotaan.

UNTUK LEBIH DETAIL
Berikan contoh rekomendasi gambar dan ilustrasi setiap kartu kuartet!



PROMPT MEMBUAT MEDIA BELAJAR BERBENTUK PAPAN PERMAINAN
Saya sedang merancang media pembelajaran berbentuk PAPAN PERMAINAN untuk murid Kelas 5 SD. 
Berikan 5 ide papan permainan untuk membantu murid mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
Murid saya menyukai aktivitas sosial media.

UNTUK LEBIH DETAIL
Buatlah lebih detail dan bagaimana langkah-langkah permainan jika dimainkan oleh murid SD.



PROMPT MEMBUAT MEDIA BELAJAR BERBENTUK ALAT PERAGA
Saya sedang merancang media pembelajaran berbentuk ALAT PERAGA untuk murid kelas 10 SMA Luar Biasa, dengan usia mental 10 tahun.
Berikan 5 ide alat peraga untuk membantu murid Peserta didik mendeskripsikan dan menyimulasikan secara sederhana tentang hewan dan mafaatnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia, serta bagaimana menjaga dan melestarikannya. 
Murid saya menyukai gambar-gambar berwarna dan mereka tinggal di pedesaan yang kebanyakan pekerjaan penduduknya adalah petani.


PROMPT MEMBUAT LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Saya sedang merancang lembar kerja siswa secara berkelompok dengan menggunakan alat-alat sederhana di kelas 4 SD,
Lembar kerja siswa untuk membantu murid agar dapat membentuk karakter gotong royong dan saling menghargai.
Buatlah lembar kerja siswa secara berkelompok dengan membuat sebuah kegiatan mengenal berbagai pecahan dengan menggunakan kertas lipat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PROMPT AI STRATEGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN"

Post a Comment